18.8 C
New York
Sunday, September 25, 2022
spot_img

Analisis Peranan Mesin Elektronik Data Capture (EDC) dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia

Reporter : Mahasiswa  dibidang E-Channel PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Medan:

Zahra Tursina-190907010

Maisarah-190907030

Dila Latul Fauzia-190907032

Sartika Dewi-190907116

Studi Kasus Pada Bidang E-Channel PT. Bank Rakyat Indonesia  (Persero) Tbk Kantor Wilayah Medan

Suara USU, Medan. Pada 20 Juni-30 Juli 2022, sekelompok mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Bisnis FISIP USU Stambuk 2019 resmi melakukan program kegiatan magang di PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Medan. Program magang yang mereka laksanakan merupakan ketetapan dari program studi Ilmu Administrasi Bisnis yang bertujuan menambah ilmu dan wawasan, serta mengasah langsung kemampuan di lapangan guna menjadi bekal bagi mahasiswa yang melaksanakannya pada saat di dunia kerja yang nyata. Adapun para mahasiswa tersebut beranggotakan ; Zahra Tursina, Maisarah, Dila Latul Fauzia, dan Sartika Dewi. Dalam melaksanakan kegiatan magangnya, mereka mendapat bimbingan dari Dosen Pembimbing yakni Ibu Hafiza Adlina S. AB., M. AB.

Ketika magang di PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Medan, mereka dibimbing oleh pembimbing lapangan, Bapak Arief Pohan serta diberikan instruksi dan nasihat yang menjadi bekal saat magang di tempat tersebut. Mereka ditempatkan pada beberapa divisi, diantaranya divisi E-Channel seksi EDC, Seksi ATM, dan Administrasi Kredit. Selama magang mereka mendapatkan respon yang baik dan belajar banyak hal di dunia kerja, dan juga dipercayakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang selama ini dipegang oleh staff divisi tersebut.

Selain melakukan magang di Kantor Wilayah Medan, di sana para mahasiswa juga melakukan penelitian dengan mengangkat judul “Analisis Mesin Electronic Data Capture (EDC) dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat indonesia.

Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap aspek-aspek kehidupan. Perkembangan yang sangat mempengaruhi  perilaku bisnis khususnya dalam bidang perdagangan adalah munculnya uang elektronik sebagai alat pembayaran. Pembayaran non-tunai menggunakan kartu semakin berkembang pesat. Dalam penggunaan kartu sebagai alat pembayaran diperlukan alat lain untuk melaksanakan proses pembayaran, yaitu Electronic Data Capture (EDC). Electronic Data Capture merupakan mesin yang dapat digunakan oleh nasabah perbankan sebagai alat pembayaran elektronik (mesin gesek kartu ATM baik Debit ataupun Credit Card). Penggunaan kartu debet maupun kredit memerlukan investasi tambahan berupa mesin pembaca atau Electronic Data Capture yang tersedia di setiap pedagang merchant. Namun pada saat penggunaan produk kartu debit yang ditawarkan kepada nasabah mulai diminati. Semenjak itu pula banyak perusahaan penyedia jasa yang Switching. Pihak bank yang hanya memiliki sedikit mesin ATM dapat bersinergi dengan untuk sharing penggunaan Infrastruktur secara bersama-sama.

Peranan mesin Electronic Data Capture (EDC) sebagai salah satu pembayaran elektronik sangat penting dengan tujuan mempermudah konsumen untuk melakukan transaksi pada merchant dan menjadi sumber dana pihak ketiga bagi bank. Pada sisi lain nasabah tidak perlu repot membawa uang tunai, karena hanya dengan menggesekkan kartu ATM Pada mesin EDC,  dengan begitu nasabah sudah bisa melakukan transaksi. Dengan adanya bantuan mesin EDC dapat membantu mengurangi terjadinya risiko seperti Cash handling, yakni sejenis perampokan dan uang palsu. Persyaratan mesin EDC sangatlah mudah karena untuk pengajuannya nasabah hanya perlu datang ke unit kerja bank.

 

Redaktur : Fitri Dian Jannah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,500FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles