21.3 C
New York
Sunday, September 25, 2022
spot_img

Analisis Digital Marketing & Referral Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Jasa Fotografi dan Videografi (Studi Kasus pada Fauve Imagine Medan)

Suara USU, MEDAN. Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis dengan  Dosen Pembimbing Lapangan Nicholas Marpaung S.AB., M.Si,. serta Bapak Onan M Siregar, S.Sos, M.Si, sebagai Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis baru baru ini melakukan penelitian terhadap salah satu industri kreatif.

Industri kreatif ini sebenarnya adalah suatu kegiatan perekonomian yang dibuat dari hasil ide, kemampuan, dan kreativitas seseorang atau bisa disebut sebagai proses memproduksi barang atau jasa dengan melalui proses kreatif di dalamnya. Tahun 2018, tercatat bahwa industri/ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 7,44% terhadap total perekonomian nasional Indonesia.

Selain bermanfaat bagi pemasukan ekonomi negara, industri ini juga menjadi wadah untuk menumbuhkembangkan kreativitas bagi pendiri bisnis dan juga pekerjaannya, serta solusi bagi banyaknya jumlah tenaga kerja usia produktif di Indonesia, sekaligus membantu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Peran signifikan industri kreatif bagi perekonomian Indonesia dapat dilihat dari berdirinya Bekraf yang menaungi ekonomi kreatif di Indonesia. Pemerintah.


Fauve Imagine yang berdiri pada tahun 2017, para pendiri memutuskan untuk fokus pada satu pasar yaitu fotografi pernikahan dan melakukan perubahan sumber daya manusia dengan menambah mitra dan karyawan baru.

 

Nama barunya adalah Fauve Imagine yang berarti sekelompok seniman Prancis pada awal abad ke-20 yang karya-karyanya dicirikan terutama oleh penggunaan warna-warna cerah dalam penjajaran langsung dan kontur yang biasanya sangat kontras dengan warna area yang ditentukan. Sebagai jasa fotografi pernikahan, Fauve Imagine menawarkan beberapa layanan seperti sesi foto pertunangan, sesi foto prewedding, dan sesi foto akad nikah.

Saat ini, Fauve Imagine sudah banyak pakai yang ditawarkan untuk perihal fotoghraphy maupun vidiography diantaranya adalah: Engagement, Pra pernikahan , dan Pernikahan.
Mahasiswa/i Administrasi Bisnis FISIP USU yang telah melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Fauve Imgine meneliti analisis digital marketing dan referral marketing dalam meningkatkan penjualan jasa photography dan videography studi kasus pada fauve imagine medan.

Peneliti menemukan variabel berpengaruh positif dan signifikan dalam digital marketing dan referral marketing. Sehingga, penerapan digital marketing dan referral marketing akan berpengaruh baik terhadap Fauve Imagine, namun meski demikian variable meningkatkan penjualan jasa, tidak terlalu berpengaruh secara signifikan terhadap meningkatkan penjualan jasa bagi Fauve Imagine itu sendiri.

Saran yang dapat disampaikan oleh penulis adalah pihak Fauve Imagine diharapkan dapat terus mempertahankan strategi pemasaran yang telah ada, yaitu strategi melalui digital marketing dan referral marketing, namun diharapkan Fauve Imagine dapat memperbaiki dan mengembangkan hal-hal yang selama ini masih menjadi kendala dalam pengimplementasiannya.

Strategi berbasis digital marketing dan referral marketing ini apabila lebih digencarkan tentunya akan mendatangkan banyak calon klien bagi Fauve Imagine sendiri, terlebih lagi dengan strategi tersebut dapat mematok target pasar yang diinginkan oleh Fauve Imagine.

Tim Penulis:

  1. Vanny Natalie M. Pasaribu
  2. Agnes Tabitha Simanungkalit,
  3. Wan Fauzi Aulia Rahmat,
  4. Nugraha Ramadhan Sinaga,
  5. Tasya Shafira Siregar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,500FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles